11 Mar 2014

Surga Seafood di Pantai Depok


Kapal nelayan yang bersandar di Pantai Depok

    Anda seorang seafood lover? penikmat kuliner dari laut? belum pas rasanya apabila berkunjung ke Jogja tetapi melewatkan tempat yang satu ini, yaitu Pantai Depok. Yap, Pantai Depok sudah lama terkenal reputasinya sebagai salah satu pusat kuliner seafood di pesisir pantai selatan Jogja. Di antara pantai-pantai lain di wilayah Bantul, Pantai Depok-lah yang tampak paling dirancang menjadi pusat wisata kuliner menikmati sea food. Di pantai ini, tersedia sejumlah warung makan tradisional yang menjajakan sea food, berderet tak jauh dari bibir pantai. selain itu juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang cukup besar, sehingga pengunjung dapat membeli berbagai jenis ikan laut segar yang kemudian bisa diolah di warung-warung tersebut. Ada banyak jenis ikan yang bisa dinikmati, antara lain ikan bawal, ikan kakap merah dan putih, ikan kerapu, ikan cakalang, dan kalau sedang musim kadang ada juga ikan barakuda. Selain itu terdapat juga jenis makanan laut yang lain seperti udang, kerang, kepiting dan cumi. Ikan segar tersebut biasa diolah dengan cara dibakar,goreng, asam manis, saus tiram atau soup.

Suasana di Tempat Pelelangan Ikan (sumber: google)

    Terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi DIY, sekitar tiga puluh kilometer di sebelah selatan kota Jogja. Pantai Depok berada di Kec. Kretek, Kab. Bantul, Propinsi D.I. Yogyakarta, Indonesia. Akses menuju Pantai Depok bisa ditempuh dengan melewati jalur yang sama dengan jalur ke Pantai Parangtritis. Tepat sebelum memasuki gerbang wisata pantai Parangtritis, kita belok ke kanan sesuai dengan rambu-rambu yang ada disana.
     Dari area parkir hingga melewati bangunan-bangunan los di TPI, lanskap laut maupun bibir Pantai Depok memang belum terlihat, meski deburan ombaknya sudah mulai terdengar. Jika ingin segera menikmati kawasan pantainya, kita masih harus berjalan beberapa puluh meter lagi. Lalu, amatilah langkah kaki hingga terasa agak berat oleh kontur tanah yang berpasir. Tengara atau tanda yang sering digunakan untuk menandai kawasan Pantai Depok adalah tanah pasir. Jika kaki sudah merasakan butiran-butirannya, kita akan segera bisa menangkap pemandangan Pantai Depok yang menyegarkan.

 Kapal nelayan yang merupakan sumber mata pencaharian sebagian besar masyarakat

 Mendung cukup pekat di Pantai Depok
    Sayangnya cuaca pada saat saya berkunjung kesana kurang begitu bersahabat, mendung gelap menggelayut di langit kota Jogja sejak siang hari. Tetapi untungnya saya masih berkesempatan untuk menikmati sunset Pantai Depok. dan benar saja, tak berselang lama turunlah hujan yang cukup lebat. Sebenarnya bukan sekali ini saya "kehujanan" di pantai, seperti pada cerita di wediombo. Tetapi bedanya disini adalah pantai Depok, dimana seperti saya sebut di awal tulisan ini bahwa disini adalah surganya seafood dan banyak warung di sepanjang pantai, jadi tak perlu susah mencari tempat berteduh. Menikmati seafood segar di pinggir pantai pada saat hujan ternyata menimbulkan pengalaman baru yang tak terlupakan. Berhubung keasyikan menikmati sepiring kakap bakar di depan saya sehingga lupa untuk mengambil gambar warung dan makanannya... :)

Bagi yang penasaran silakan coba langsung surga seafood yang ada di kota Jogja ini, Happy Travelling...

Sunset di Pantai Depok
Lokasi: Yogyakarta, Yogyakarta City, Yogyakarta, Indonesia

15 komentar:

  1. Eh, itu pelelangan ikannya bukannya bertempat di gedung yang baru itu bukan sih? Saya bingung kalau di sana itu harga ikannya ditawar nggak? Apa harus "sesadis" pas menawar di emperan Malioboro? Katanya kan ikan juga bergantung musim, jadi harganya naik-turun ga menentu, bikin bingung ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan pas saya kesana sudah sore mas, trus mau hujan badai... jadi kayaknya TPInya sudah tutup... ikannya langsung mesen aja di warung, tapi overall enak & cukup masuk akal kok harganya... :)

      Hapus
    2. O ya, kalo foto yang TPI itu dapet dari om gugel, soalnya pas kesana sudah tutup... dan kebetulan baru sekali juga ke pantai Depok... :)

      Hapus
  2. Mungkin banyak wisata pantai di Jogja, tapi enggak semuanya dilengkapi dengan wisata kuliner seafood yang yahud. Besok kalau main ke Pantai Depok cobain kuliner seafoodnya ah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan di pantai ini ada Tempat Pelelangan Ikannya mas, jadi ikannya segar... sejalur dengan pantai parangtritis tapi kayaknya kalah pamor dengan "saudara"nya tersebut...

      Hapus
  3. saya kira pantai depok punya depok mas haha....kecele ma judulnya...di jogja saya hanya ke pantai parang tritis aja he

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pas sebelum gerbang parangtritis belok kanan mas... Tulisannya kecil sih, tapi cukup ramai kog... :)

      Hapus
  4. Baru tau kalo di jogya ada pantai yang namanya pantai depok, keren nambah referensi pantai di sekitaran jogja.

    Regards
    http://travellingaddict.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, mungkin kalah pamornya dengan pantai Parangtritis, padahal satu jalur...

      Hapus
  5. duh itu pake tehnik hdr ya? kereen pisan foto2nya ajariin dong :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah? yang mana mas?
      enggak kok... cuman kebetulan sedang mendung jadi malah bikin langitnya kotras sama sunsetnya... :)

      Hapus
  6. salah satu tempat favorit kalau pengen makan seafood karena harganya yang murah
    sekarang lokasi TPI nya agak nyempil di bagian barat pantai mas, sudah dibuat bangunan gedung permanen gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harganya "masuk akal' dan yang pasti ikannya masih segar mas...
      TPI nya tambah nyempil ya mas? kemaren kesana pas udah sore jadi mungkin TPInya dah tutup... makasih infonya... :)

      Hapus
  7. Suka banget ama warna dalam perahu nya, semua nya serba biru jadi seragam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi bukan kampanye lho ini... :)

      Hapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com