17 Okt 2013

Uji Nyali di Kelok Sembilan

    Kelok 9 adalah jalan yang sudah ada sejak zaman Belanda, berupa 9 tikungan tajam dengan jurang yang terjal pada kontur alam yang menurun di Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat. Jalan ini meliuk melintasi Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan Pulau Sumatera. Jika direntang lurus panjang Kelok Sembilan hanya 300 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi sekitar 80 meter. Dari awal tikungan hingga ke bawah, ada jurang terjal diperkirakan tingginya 100 meter. Di sinilah kendaraan harus berhati-hati. Jika sang sopir lengah, maka nyawa taruhannya. Apalagi kalo anda baru belajar menyetir jangan coba-coba untuk melalui jalur ini.

 Seperti inilah penampakan dari kelok sembilan

    Berdasarkan catatan Kementerian PU, dalam sehari jalan ini dilalui lebih dari 10 ribu unit kendaraan dan pada saat libur atau perayaan hari besar meningkat 2 sampai 3 kali lipat. Namun, sejak dibangun Kelok Sembilan nyaris tak mengalami pelebaran berarti karena terkendala medan. Seiring peningkatan volume kendaraan yang melintas, kondisi jalan yang sempit dan terjal sering mengakibatkan kemacetan. Lebar jalan yang hanya 5 meter dan tikungannya yang tajam kerap menyulitkan kendaraan bermuatan besar melintas karena tidak kuat menanjak. Di kelok 9 ini semacam ada aturan tidak tertulis sesama pengguna kendaraan. Mereka yang turun dari atas harus mengalah agar yang menanjak diberikan kesempatan untuk melintas terlebih dahulu jika bertemu di tikungan. Jika Anda tidak mengikuti aturan itu, siap-siaplah Anda kena marah oleh sopir di jalanan tersebut.


Harus ekstra hati-hati pada saat melintasi setiap kelokan

    Kini di kelok sembilan ini, tengah dibangun sebuah jalan yang akan memangkas jumlah kelokan tersebut. Tiang-tiang raksasa mencakar langit bakal menjadi alternatif jalan baru yang lebih mudah bagi kendaraan yang melintas. Jalan baru ini seperti dua kali huruf S di atas jalan lama. Dengan adanya jalan baru ini, maka di kawasan lembah ini akan tersedia dua jalan untuk jalur masuk dan keluar dari Sumbar menuju Riau dan sebaliknya. Pembangunan jembatan layang Kelok 9 mulai dilakukan pada 2003. Pengerjaannya ditangani dalam dua tahapan pembangunan. Panjang keseluruhan jembatan dan jalan yang dibangun adalah 2.537 meter, terdiri dari enam jembatan dengan panjang 959 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter. Tak ada campur tangan asing dalam pembangunan megaproyek ini dan telah menghabiskan dana lebih dari Rp540 miliar. Pada saat lebaran kemarin jembatan ini sudah dibuka dan bisa dilalui, tetapi entah mengapa saat ini satu bagian kembali ditutup dan hanya sebagian jembatan yang bisa dilalui.

 Mungkin perlu nama baru juga buat jalan ini karena keloknya hanya 2 kali huruf S, bagaimana kalau namanya Kelok 4? :)

Lokasi: Lima Puluh Kota, West Sumatra, Indonesia

6 komentar:

  1. dah lama tak lewat kelok ini
    kelok yg sungguh elok

    BalasHapus
  2. kelok yang bikin pusing bg... hehehe
    sayang pas kesana kemaren, jembatan yang satunya ditutup lagi jadi belum bisa lewat...

    BalasHapus
  3. katanya di Kelok 9 ini juga ada air terjunnya ya Bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emm... saya belum nemu sih mas... mungkin kalo blusukan ke dalam hutannya ada kali ya... hehehe

      Hapus
  4. Balasan
    1. yang di Mungka ya? belum ditulis om... :)

      Hapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com