15 Jul 2013

Pemetik (Pemotong) Teh





     Foto ini diambil dalam perjalanan menuju Solok. Tepatnya ada di Alahan Panjang dekat dengan lokasi wisata Danau Atas dan Danau Bawah. Ini merupakan kebun teh pertama yang saya kunjungi di kawasan Sumatera Barat. Sebagaimana kebun teh lainnya yang pernah saya kunjungi di pulau Jawa, lokasi kebun ini berada di kawasan pegunungan yang pastinya berhawa sejuk. Padahal saat penulis sampai di lokasi ini matahari sudah cukup terik.



    Salah satu yang menurut saya cukup unik (karena ke-katrok-an pribadi sih) adalah bagaimana daun-daun teh ini dipetik, yaitu menggunakan semacam alat pemotong daun. Jadi pekerjaan memetik (memotong) daun teh bisa dilakukan lebih cepat dan mudah. Tapi menurut saya sesuatu yang dilakukan secara manual atau hand made selalu memiliki nilai lebih karena sentuhan manusia tidak bisa tergantikan oleh mesin. Jadi pemetikan teh secara tradisional dengan tangan terasa lebih special bagi saya meskipun kalah praktis dibandingkan dengan mesin.


Dua orang petani sedang  menyortir daun teh yang baru di petik (potong)

Mengepak daun teh untuk diproses lebih lanjut

Sahabat setia penghalau panas mentari


Lokasi: Solok, West Sumatra, Republic of Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com