16 Mar 2015

Pesona Danau Kembar di Kabupaten Solok

Satu lagi tempat wisata yang wajib dikunjungi apabila sedang berkunjung ke Sumatera Barat, yaitu Objek Wisata Danau Kembar di Kabupaten Solok. Kenapa begitu? Karena di dalam satu lokasi yang berdekatan ini, kita akan disuguhi berbagai panorama alam yang indah diantaranya adalah dua buah danau dan hamparan kebun teh yang menyejukkan mata. Terletak 60 kilometer dari Kota Padang ke arah Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok atau lebih kurang 1,5 jam dari bandara dengan kendaraan roda empat. Suasana yang sangat tenang dan udaranya yang sejuk (14–20 derajat Celsius) menjadi daya tarik tersendiri. Layaknya danau di pegunungan, hamparan pepohonan pinus dan cemara sangat memanjakan mata.


 Suasana yang tenang dan sejuk di Danau Ateh

 

Penamaan Danau Diateh atau dalam bahasa Indonesia adalah Danau di Atas bukan tanpa alasan. Danau ini memiliki kembaran, yaitu Danau Dibawah sehingga kerap disebut Danau Kembar. Meskipun disebut kembar, keduanya sungguh berbeda baik luas, bentuk, maupun ketinggiannya. Uniknya danau yang letaknya lebih tinggi itu disebut Danau Di bawah. Keduanya berada saling berdampingan di jajaran Bukit Barisan. Jarak di antara keduanya hanya sekitar 300 meter sehingga disebutlah Danau Kembar.   


 Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Danau Ateh

Di Danau Ateh tersedia fasilitas yang cukup lengkap yaitu ruang pertemuan (convention hall) yang dapat menampung hingga 500 peserta seminar atau konferensi. Kawasan tersebut juga dilengkapi dengan 33 kamar penginapan berkonsep cottage. Bagi anda yang berminat untuk menginap disana sebaiknya menyiapkan bekal makanan dan baju hangat karena pada malam hari udara akan menjadi sangat dingin dan penjual makanan pun tak begitu banyak.

  


 Cottage yang ada di kawasan Danau

Seperti halnya Danau Diateh, Danau Dibawah juga menawarkan pemandangan indah dengan udara yang segar dan sejuk. Udara sejuk pegunungan dan pemandangan indah dapat dilihat dari bukit yang berada di antara dua danau. Danau ini dikelilingi sejumlah bukit yang besar dan menawarkan panorama yang mengagumkan. Tak seperti di Danau Diatas, kita tidak bisa menyentuhkan tangan atau kaki ke dalam air. Hanya saja pemandangannya indah. Dari puncak bukit kita akan melihat kilatan ikan berenang di Danau Dibawah. Dari panorama ini kita juga bisa melihat Danau Diatas dari kejauhan. Danau Dibawah yang lebih kecil ini belum dikelola secara maksimal sehingga masih asri dengan suasana pedesaan khas Ranah Minang.
So? Sudah siap menjelajahi keindahan dua danau ini?

Lokasi: Solok City, Solok, West Sumatra, Indonesia

7 komentar:

  1. kemaren belum sempet ke danau kembar :'((

    Salam EnjoyBackpacker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, nanti kalo ke Sumbar lagi harus disempatkan ke sini mas...
      terima kasih kunjungannya... :)

      Hapus
  2. Fotonya teduh dan menenangkan

    Beberapa kali niat ke Sumbar selalu batal karena satu dan lain hal..
    mudah2an tahun ini bisa kesana..
    *Amin*

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang suhu disana cenderung dingin dan sejuk mbak...
      Amiin... semoga bisa kesampaian... :)

      Hapus
  3. Wah cottagenya. Memang keren. Syang banget, pas ke solok cuma numpang lewat.

    Ah bakar aku dengan travelling.
    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin nanti bisa dateng lagi mas... :)

      terima kasih sudah mampir

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com