27 Des 2013

Pacu Jawi, Balapan Sapi ala Minangkabau



    Pacu jawi di Payakumbuh, Sumatera barat
    Selama ini, memacu sapi identik dengan budaya Madura, Jawa Timur. Ternyata, tradisi serupa juga sudah lama menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Sumatra Barat. Tradisi pacu sapi di Sumbar sudah ada sejak 1930-an. Acara yang dikenal dengan sebutan pacu jawi ini biasanya diadakan di areal persawahan dan setelah musim panen, dimaksudkan agar suasana panen lebih semarak dan menyenangkan. Jawi atau sapi yang dilombakan bukanlah sapi khusus pacuan. Tapi, sapi biasa yang dipelihara sebagai ternak.
 

    Sebenarnya pada saat pertama kali melihat acara ini beberapa tahun yang lalu, saya kurang tertarik. Berdasarkan pengalaman saya saat itu, waktu yang diperlukan untuk persiapan cukup lama karena selain kita harus bersabar menunggu jalannya sapi-sapi yang bak peragawati meleok-leok di atas pematang sawah, acaranya juga kurang dikemas dengan baik sehingga cukup lama saya disuguhi pemandangan sawah kosong berlumpur.


                                  Pacu jawi yang disponsori salah satu caleg *bukan jurkam*



                                                                                 Pesertanya...



    Tetapi setelah melihat beberapa foto pacu jawi yang sering memenangi lomba fotografi, akhirnya membuat rasa penasaran saya muncul kembali untuk dapat mengabadikan acara ini. Akhirnya kesempatan itu datang juga, suatu sore saat masih dikantor tiba-tiba istri telepon kalau di dekat rumah (kontrakan) ada perlombaan pacu jawi. Dengan tidak sabar, ketika jam menunjukkan pukul 17.00WIB berarti saatnya pulang kantor, tanpa menunggu lebih lama lagi saya langsung tancap gas ke rumah untuk menjemput kamera, anak, dan istri. Sampai di lokasi, penonton sudah berjubel di area persawahan dan suara talempong terdengar mulai bersahut-sahutan, ditambah dengan Saluang yang membuat suasana terasa begitu Minangkabau sekali.
 

    Pacu Jawi ini identik dengan Kabupaten Tanah Datar, karena disana event pacu jawi ini sudah dikemas cukup apik dan rutin diselenggarakan. Ada beberapa perbedaan antara Pacu Jawi di Sumbar dan Karapan Sapi di Madura. Perbedaan yang cukup mencolok  adalah lahan yang digunakan, kalau Karapan Sapi menggunakan tanah lapang kering sebagai arena, sedangkan Pacu Jawi menggunakan area sawah yang  basah. Sehingga kalau difoto tampak lebih dramatis dan banyak mendapatkan momen yang bagus.  Untuk pacu jawi di wilayah payakumbuh/lima puluh kota ini, sang joki tidak menunggangi hewan berkaki empat itu dengan sebuah alat seperti karapan sapi di Madura, melainkan turut berlari seraya mengendalikan. Namun, tak jarang para joki tak kuat menandingi kecepatan sapi berlari. Hasilnya, kecelakaan seperti jatuh hingga terinjak sapi menjadi pemandangan yang lumrah dalam lomba ini.


    Jika sudah puas menikmati Pacu Jawi, di sekitar arena menjadi pasar rakyat. Di sini banyak dijual kuliner khas Minang yang wajib dicicipi.


 Atmosfer penonton di garis Start



 



 Di sini kita bisa melihat sapi berlari kencang, joki mengendalikan sapinya dengan tangguh, cipratan lumpur berterbangan, sorak-sorai penonton, serta sesekali alunan musik minang mengalun untuk memeriahkan suasana,

 Menjelang Garis Finish

 Para Joki yang Terjatuh

    Puas rasanya setelah melalui perjuangan untuk mendapatkan moment luar biasa ini melalui kamera merekam dari berbagai posisi, gerakan, ekspresi, dan guratan dari sang joki dan sapinya saat meluncur cepat di lapangan berlumpur. Semua ini adalah atraksi tersembunyi diantara pemandangan tropis yang rimbun dibawah langit biru Sumatera Barat. Luar Biasa...!!

Lokasi: Payakumbuh, Payakumbuh City, West Sumatra, Indonesia

6 komentar:

  1. Sapi yg ditarik joki satu aja ya? Lombanya juga rame-rame ya, tak seperti di Madura yg satu lawan satu.

    BalasHapus
  2. sebenarnya pacu jawi yang lebih terkenal itu di daerah Batusangkar, mirip sama karapan sapi cuma beda di arenanya yang sawah berlumpur... kalo yang ini pacu jawi di payakumbuh mas, sapinya cuma 1 dan jokinya juga ikut berlari di belakangnya... :)

    BalasHapus
  3. salam mas.
    emang benar mas. pacu jawi terkenal di batu sangkar minangkabau.
    namun kami disini untuk menujukkan suasana baru dalam berwisata.kami akan memperkenalkan pacu jawi yang ada di sumatra barat ini.
    kunjungi kami.
    Dari Jawi ka Randang. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip mas... mari majukan potensi wisata lokal... (h)

      Hapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com